Friday, November 25, 2011

Dentist

Pernah punya masalah dengan gigi?
Sakit gigi, cenat-cenut, ngilu, gigi bolong, perawatan, dll ??

Aku rekomendasi-in 1 denstist ni :D
Akhir-akhir ini bahkan jadi dentist keluarga.
Kalau ada keluarga yg sakit, semua nya pergi ke dentist yg 1 ini.
Sekarang teman-teman dan kerabat juga banyak yang ke sini.

Dokter Gigi :
Ny. Yunita Setiawati
Jl. Pademangan I Gang IV No. 2
Jakarta Utara
P. +62 021 6471 2271 // 021 6471 2044
HP. +62 0813 1928 2802

Lokasi praktek nya tepat di Apotik Pademangan.
Jadi kalau susah cari tempat nya, cari aja Apotik Pademangan.

Pertama kali kesini waktu nemenin sepupu.Sepupu aku pakai kawat gigi. Kesan pertama lihat dokter nya sich rada jutek, tapi lama-lama, dokter nya baik koq. Inilah benar nya pepatah yg mengatakan "Kalau tak kenal maka tak sayang"

Disini kalau mau pakai kawat gigi ada system paket nya.
Aku mulai pakai kawat gigi ini sejak April 2010.
Harga seluruh paket nya pada saat itu sebesar Rp. 11,000,000/paket.
Pembayaran nya pun dapat diangsur. Flexible dech, tinggal ngomong langsung aja ma Dokter nya.
Untuk DP nya aku di minta 3jt, tapi aku cerita ma Dokter kalau aku pakai kawat gigi ini, dana nya mandiri, alias dari gaji perbulan nya.
Makanya DP nya aku bisa cicil 3 kali pertemuan.
Pertemuan ke-1 = 1juta, Pertemuan ke-2 = 1juta, Pertemuan ke-3 = 1juta
Pertemuan ke-4 mulai dech bayar cicilan per bulan nya sebesar Rp. 400,000 (bisa negosiasi juga, alias tawar menawar, pertama kali sich dokter bilang Rp. 500,000 tapi karena sepupu dah disana dari lama dan rekomendasi juga, makanya minta disamain aja ma cicilan si sepupu.

Cicilan perbulan nya, aku juga bayar nya flexible ke Dokter nya, pokoke aku bayar pas udah gajian tanggal 25an. Kalau ada jadwal kontrol gigi ku tengah bulan, aku ga bayar, aku bayar pas jadwal berikutnya.
Setiap bulan nya pasti nya udah aku pisahin tu Rp. 400,000 dari gaji aku untuk bayar dentist.
Jadwal kontrol gigi nya biasa nya per 3 minggu. Misalkan jadwal nya tanggal 1 Sept  (aku bayar nich cicilan nya), jadwal berikut nya khan 3 minggu setelah nya, jadi jadwal berikut nya tanggal 22 Sept (nah, ini aku ga bayar cicilan nya), jadwal berikutnya tanggal 13 Oct (baru dech, aku bayar lagi cicilan nya)

Paket nya apa aja sich ??
11 juta khan mahal, banyak pasang kawat gigi hanya 3jutaan saja, 4jutaan saja.
Hmm, semua orang kalau bertanya ke aku nich. "Berapa harga nya pasang kawat gigi ?"
Setiap aku jawab "11juta"
Mereka dengan cepat, pasti, dan tanpa basa basi bilang "Mahaaaalll....!!" "Disini cuma segini, Disono cuma segitu..."

Tapi kalau cermat berhitung nich ya, sebelum aku memutuskan untuk memasang kawat gigi di dentist kesayangan 1 ini, aku udah buat perbandingan nya juga.
Target process selesai nya 2 tahun. 11 juta itu untuk 2 tahun lah.
Kalau andaikata molor, gigi aku baru kelar 2,5 tahun, aku ga usa pusing.
Setelah cicilian 11 juta lunas, even gigi nya belum beres, aku ga usah bayar lagi.
Benefit lain nya??
Pas aku pasang kawat gigi ini, aku dah termasuk tambel beberapa gigi, ada 3 gigiku yang di tambel, FREE.
Sebelum pasang bahkan sudah bersihin karang gigi juga. Dah termasuk paket.

Kenapa aku pilih 11 juta bukan yang 6juta atau 3juta ?

Aku pernah membandingkan ma teman-teman yang lain yang dapat paket "Murah" :
1. Biasa nya yg murah sekali itu, bukan dentist. Mahasiswa kedokteran yg sekalian praktek atau ahli gigi. Dijalanan sering aku lihat tulisan AHLI GIGI, tapi ga tau lisensi nya bagaimana? Belajar dari mana?? Gigi itu termasuk bagian tubuh yang vital nan sensitif lho... Kalau salah, bisa-bisa kena urat di bagian bawah gigi yang nyambung ma otak, dan bagian lain tubuh kita. Kalau aku sich yang pasti-pasti aja, jangan tergiur kata "Murah" nya mpe salah langkah. Sekali datang ke AHLI GIGI yang murah, malah berabe, ujung nya malah sakit, ujung nya ke dentist juga. Biaya nya ?? Double de...
2. Teman ada yg cerita, dia ambil paket 6juta. Pasang nya 6juta. Perawatan nya Rp. 100,000/pertemuan. Jadwal dokter nya biasa nya 2minggu sekali. Ada sempat tambal gigi juga di awal dikenakan biaya tambal Rp. 450,000 (3 gigi). Akhirnya dia lepas kawat gigi setalah 3tahun 4bulan memakai nya.
Mari kita berhitung, hitung, hitung, hitung....
3 tahun 4bulan = (3x12) + 4 = 40bulan
1 bulan asumsi ada 4 minggu, berarti ada 2x pertemuan dengan si dokter (40 x 2 x Rp. 100,000 = 8,000,000)
DP 6juta + 8juta + 450,000 = 14,450,000
( Wah, paket aku tetap lebih murah : D )
3. Paket "Murah" biasa nya dentist nya ga ngejer target, jadi semau-mau nya aja, makin sering kontrol, makin senang dentist nya, krn kasih di awal murah, perawatan per-bulan nya lebih lama waktu nya.

Jadi, pintar-pintar untuk pilih dentist. Belajar membandingkan dengan dentist2 yang lain nya, sebelum memilih satu diantara yang banyak.
Aku pakai kawat gigi bukan karena gaya atau mau ngikutin trend yang ada. Aku pakai kawat gigi karena memang gigi memerlukan sedikit perawatan, hehehe :D

Pertama kali datang ke dentist, mereka check dulu kondisi gigi nya. Ada berapa yg bolong dan haru ditambal. Aku ada sekitar 3 gigi yang ditambal sebelum pasang kawat gigi. Lalu dicetak kerangka gigi nya. dikasih semacam adonan apa gitu, ga tau, dimasukin ke dalam mulut, ditekan-tekan ma dentist nya, lalu, setelah mengdapatkan semua structure gigi nya, lalu dilepas. Adonan tersebut setelah beberapa lama, jadi padat dan keras. Lalu dikasi karet di beberapa gigi geraham yang akan dipasangi ring. karet pemisah untuk memudahkan dentist untuk memasang ring nya, biar ada rongga nya. Lalu aku diminta rontgen ke RS Rujukan. Di scan gitu structure gigi nya. Modelnya kyk rontgen thorax gitu tapi ini gigi nya yg di rontgen. Mulutnya di taruh di alat rontgen nya, lalu kita disuruh gigit semacam stick gitu. Lalu menunggu beberapa menit, jadi lah hasil rontgen nya.
Hasil rontgen nya di bawa kembali ke dentist sekitar 3hari kemudian. Dentist nya lihat hasil rontgen nya dan structure gigi nya dipelajari. Lalu ditentukan jadwal untuk pasang kawat gigi nya.
Pasang kawat gigi biasa nya memerlukan waktu yang tidak sebentar, ada sekitar 1jam-an lebih untuk pasang kawat gigi tersebut. Sama dentist ku ini, janjian nya hari Minggu sore, tapi flexible koq. Sepupu aku pasang kawat gigi nya 2jam sebelum dentist nya mulai buka praktek.
Dibersihin dulu karang gigi nya. Lalu dimulai de pemasangan kawat gigi nya. Yang pertama kali dipasang adalah breket nya. Lalu kawat nya. Lalu mulai pilih karet warna-warni nya dech. Mau warna apa? Merah? Kuning? Hijau? Biru? Ungu? Hitam? Putih? Transparant? Banyak dech warna nya. Warna-Warni. Ada juga karet yang bentuk nya Mickey Mouse lho... (Aku dah pernah pake 1x, ga mau lagi, rempooong, susah pas bersihin makanan, nyangkut melulu)

Waktu pasang kawat gigi, gigi masih lengkap. Setelah 1bulan-an pasang kawat gigi, dokter mulai menanggalkan gigiku satu persatu, buat rongga, agar gigi nya bisa rapih. Aku cabut 4 gigi. Atas 2gigi, Bawah 2gigi. Haduuuuuh, pas dikasih tau mau cabut gigi ya.... Ga kebayang de dag-dig-dug nya. Takuuut... Gigi yang ga kenapa-kenapa, OK-OK aja, mau dicabut segala. Aaaahh!!! Sengsara nian, mau jadi cakep-an dikit :p
Dicabut gigi nya, ini pengalaman pertama. Pertama, Pertama, Pertama kali nya. Dag-Dig-Dug-Duer ngebayangin nya. Tapi selalu dikuatkan dengan kata-kata ibarat angin segar sepupu aku. Ga sakit, khan di suntik.Baal.... Tapi semua kata-kata ibarat angin segar nya itu terbukti lho... Ya waktu mulai dicabut sich rada ngeriii gilaaa, tang masuk mulut, trus gigi yang dah tertanam bagus, mulai ditarik-tarik, "krekk...kreek...kreek.." Berterima kasih kepada para dokter yang telah menemukan obat penahan sakit. Aku disuntik 5kali, dah cabut gigi pun berhasil.

Sekarang masih pakai kawat gigi, masih perawatan, jumat nominal di buku dentist nya dah 9jutaan lebih. Wah ini ibarat menabung de. Kalau kata temen-temen aku sich, dari ujung rambut mpe jempol, cuma gigi loe aja yg paling mahal. Hihihihii... :D Yaaa, begitu de, kalau mau cakep-an dikit, kudu berkorban. Beauty is pain gals....

1 comment:

  1. hello regina. mau tanya, jadi 11 juta itu uda include semuanya? ga perlu biaya kontrol lagi tiap bulan ya?
    kalo untuk harga 2016 sekarang ini bisa di tanyain gak ya brp ?
    thankyou :)

    ReplyDelete