Sunday, September 8, 2013

Rajapolah and Surroundings....


Travelling without shopping?? Boriing :p hehehe....
When you are around Garut and Tasikmalaya region, don't be confused to spend your money at ^^, Come to Rajapolah and shop some souvenir there.

Jalan-jalan tanpa belanja? Huh..... bukan jalan-jalan nama nya kalo ga ngabisin duid.... cie... belagu banget dech... ^^ Saya bukan type yg shoppaholic banget koq, cuma ada kala nya kalap juga sich liat yg cakep-cakep dengan harga murah, even barang nya tu ga penting laaah... bukan kebutuhan tapi keinginan sesaat aja, kalo orang ngomong yach gelep mata... apa laper mata :p hehehe....
Kalo kamu lagi jalan-jalan di sekitar Garut atau daerah Tasikmalaya atau deket-deket situ lah, jangan pusing buat belanja dech... Ada satu Pusat Kerajinan Tangan nama nya Rajapolah, disitu banyak banget dech barang-barang kerajinan tangan yang cakep-cakep.  


Rajapolah Permai - HandiCraft Promotion and Marketing Center
Komplek Ruko Rajapolah Permai
Tasikmalaya
West Java (Jawa Barat)
Indonesia




They sell many craft products such as: sandals, baskets, bags, wallet, purse, coin purse, rackes, mats, vases, tissue boxes, chairs, tables, wood handicraft and others.
They get the products from local people there and from other islands. The products here they are exported worldwide, mainly to some part of Asia regions, US, Europe and Middle East. 

Pusat Promosi dan Marketing Kerajinan Rajapolah ini menjual banyak kerajinan tangan seperti sandal (di Tasik ini terkenal banget ma sandal kelom nya lohh... kayak bakiak gitu dech, terbuat dari kayu, dengan desain yang uda modern dan warna-warni, bikin isi kantong kita pindah ke pedagang-pedagang disini aja nich :P), macam-macam keranjang (kebanyakan dianyam sich, entah itu dianyam pakai bambu, akar wangi, atau jenis kayu lainnya, mostly teknik pengerjaannya dianyam), tas, dompet, tas tangan wanita, dompet koin, rak-rak pajangan, keset, vas bunga, tempat tissue, kursi, meja dan kerajinan tangan dari kayu lain nya. 
Produk yang mereka jual disini memang kebanyakan mereka ambil dari pengrajin sekitar tapi banyak pula produk yang mereka dapatkan dari pulau-pulau di luar Jawa, ada produk kiriman dari Bali, Sumatera, Nusa Tenggara dan lainnya.  
Produk-produk kerajinan tangan asli masyarakat Indonesia ini mereka export sampai keluar negri juga looh... Keren yach... ^^, biasanya mereka export ke beberapa negara Asia juga (mungkin karena masih serumpun jadi kurang lebih produk kerajinan nya juga kurang lebih mirip ataupun sama kali yach... hmm... jadi kudu lebih teliti lagi nich kalau berbelanja ke negri tetangga. Jauh-jauh melancong ke negri orang, beli souvernir masa karya tangan anak bangsa sendiri? Engga ada ke-khas-an negara mereka dong yang bisa kita bawa sebagai souvenir??) lalu ke Amerika, Eropa dan Timur Tengah.



When you are from Bandung to Tasikmalaya via Nagrek, you can just go straight to Tasikmalaya City. On the left side you will find Rajapolah Permai - Handi Craft Promotion and Marketing Center area before you reach Tasikmalaya City. 

Kalau kamu dari Bandung mau ke Tasikmalaya khan ada dua pilihan, via Garut atau via Nagrek tuch... kalau mau mampir ke Rajapolah lebih baik ambil jalur meleok-leok lewat Nagrek. Ngeri dan bahaya sich jalur nya berbelok-belok, hati-hati yach dan kurangi kecepatan. Lurusss terusss aja ke arah Kota Tasikmalaya, sebelum nyampe ke Tasikmalaya nya di sebelah kiri jalan ada Komplek Rajapolah. Disitu lah tempat kamu bisa berbelanja. 
Saya sendiri rada kebingungan saat nyari komplek yang satu ini karena kurangnya papan nama di jalan yang menunjukkan kalau ini kompek perbelanjaan nya. Saya pun kelewatan jauh.... Puter Balik lagi dech...
Tips berbelanja disini yach... jangan gelep mata atooo laper mata.... jadi liat langsung tawar langsung beli. Toko disini rata-rata menjual barang dagangan yang sama cuma dengan harga yang berbeda aja. Jadi kalau suka/demen/pengen beli sesuatu tanya dulu harga nya, tawar mpe mentok, kalau merasa harga yang mereka tawarkan masih tinggi coba cek ke toko sebelah, cari barang yang sama lalu mulai tawar lagi. 

Di depan komplek Rajapolah Permai ini ada banyak sekali ruko yang menjual kerajinan tangan serupa. Bila rajin dan jeli bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Saya sempat melenceng jauh dari kawasan tersebut, tokonya ada disebelah kiri jalan kalau dari arah Bandung-Tasikmalaya, sebelum Komplek Rajapolah Permai, nama tokonya Hedison Art Shop. Barang-barang yang dijual disini kurang lebih sama seperti barang-barang yang dijual di Komplek Rajapolah Permai. Karena ini mainnya partai besar alias grosir/grosiran, jadi kalau mau beli banyak lebih murah beli kesini. Karena saya cuma buat pakai per-orangan saja, jadi saya kudu tawar-menawar dulu sama si Ibu ^^, Ga sia-sia adegan bargain kali ini, saya berhasil membeli beberapa oleh-oleh dengan harga yang cukup murah disini. Sekedar rekomendasi aja ^^








See ya on the next post...

Love ya, Regina


No comments:

Post a Comment