Tuesday, September 17, 2013

Wisata Alam ke Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Hi all..... ^^

Selain wisata belanja alias shopping, saya juga demen wisata alam ^^, Karena ada sedikit waktu untuk travelling (curi-curi waktu diantara kegiatan seminar), saya langsung cabut ma beberapa temen mau ngunjungi Gunung Galunggung. Kenapa Gunung Galunggung? Karena paling dekat dengan pusat kota Tasikmalaya yang berjarak hanya 17km saja. Ngengg.... Ngeeeng.... berangkatlah saya dengan beberapa teman bermodalkan peta wisata ma gps handphone. Tapi memang potensi wisata alam ini belum terlalu dikembangkan oleh pihak pemerintahan daerah, jadi yach kita kudu rajin-rajin dech tanya ma orang sekitar kemana arahnya. Tanya ma orang juga kudu nanya ma yang bener, jangan sampe kayak nasib perjalanan saya kali ini, saya nanya tukang parkiran di depan Alfamart saya disuru belok ke kanan bener sich tulisannya ada papan/plang iklan wisata Gunung Galunggung, tapi pas saya jalanin yach, alamaaaakk.... rasanya saya pengen balik aja dech ke Pusat Kota. Udah setengah jalan, engga tau ada dimana sekarang, nanya orang daerah sini mereka bilang terus aja, terus aja. Ini jalanannya cuma muat buat 1mobil aja, mana ancuuurrr-supeer.... ini jalanan perkampungan, masuk ke rumah-rumah penduduk desa, samping kanan kiri sawah membentang. Pemandangan hamparan sawah nya sich wah banget buat saya yang biasa tinggal di kota. Tapi jalanannya itu looh ancur banget, salah jalan -____-

Ini dia, pemandangan sawah dengan padinya yang menguning sepanjang jalan, Wah bangetttt ^^,

Cuma ga tahan ma jalanannya dan lama nya ini loooh... ga nyampe-nyampe ke jalanan yang beneran dikit. Rasanya putus asa dan tersesat gitu dech -__- Ada kali perjalanan yang saya tempuh ini sejam-an lebih akibat papan iklan menyesatkan itu. Lewat 1jam-an akhirnya saya berhasil menembus jalan geradakan itu ke jalan raya/utama, ini pun masih jauuuh dari jalanan yang mau masuk ke kaki Gunung Galunggung looh.... (-__-!!) alaaamaaak..... Gunung Galunggung nya nampak dari kejauhan....
Kapan nyampe sono nya ? -___-

Nich tips nich yach buat yang mau ngambil shorcut (menurut saya yach) ke Gunung Galunggung ini: Dari Pusat Kota Tasikmalaya ngambil jalan kearah jalan raya/utama yang mau ke arah Bandung via Nagrek, kurang lebih 10-15menit di sebelah sisi kiri jalan ntar ada pertigaan, patokannya Pos Polisi Cisayong (better tanya ma orang pertigaan yang ada pos polisi Cisayong aja), lalu belok ke kiri, lurus terus ngikutin jalan aja sampai mentok lalu belok ke kiri lagi lurus terus aja sampai ketemu papan/plang Wisata Alam Galunggung di sebelah kanan jalan lalu belok kanan dech.

Ini Papan nya nich....

Menyusuri jalan di kaki gunung, jalanannya super ancur... geradakan, paraaah dech pokoknya... naik turun ke puncak gunung (lagu nya cocok bener sama situasi kala itu) lurus aja ngikutin jalan mpe ketemu Gapura Pintu Masuk Kawasan Wisata Alam Gunung Galunggung. Nah, bayar ticket masuknya disini nich, lupa yah berapa perorang nya, seiinget saya sich seorang kena 7ribuan lah, lalu mobil juga dikenakan biaya, karena petugasnya langsung ngitung lalu langsung sebutin jumlah nominal yang harus dibayarkan.

Pilihan nya dari ini ada 2, mau ke Kawah jalanannya di sebelah kiri naik ke atas atau mau ke Pemandian Air Panas jalanannya di sebelah kanan. Saya decide untuk bersakit-sakit dahulu alias nanjak baru berendem air panas sesudahnya. Naiklah kita ke Kawah Gunung Galunggung. Jalanannya kecil dan ini jalanannya the only one. Jadi pulang pergi lewat sini, better jangan ngebut-ngebut dan rajin-rajin klakson sebagai penanda aja takut dari arah berlawanan ada kendaraan lain.

Uda turun di parkiran, langsung disuguhkan plang Selamat Datang. Bukan selamat Datang nya yang dipermasalahkan, tetapi tulisan dibawahnya itu loooh... 620 anak tangga -___- Bikin saya malas naik aja.... Ude bete beneer dijalanan, kudu naik tangga buanyaaaak lagi 620. Oh..... malasnya.... -___-

Ini nich anak tangga sebanyak 620 yang kudu dinaiki, huh -____-

Tapi toh saya berhasil juga loooh melakukan pendakian naik tangga sebanyak 620 anak tangga, even saya kudu jackpot juga diatas karena keleyengan ma pusing tak tertahankan. Selesai jackpot mah uda enakan badan, tengil lagi poto-poto dech hehehe :P

Pemandangan di Kawah Gunung Galunggung (picture above) nya ga terlalu WAH buat saya yach... tapi pemandangan (picture below) ini nich yang buat saya ngerasa kecil banget... ^O^ Indaaaah sekaleeee.... cakep banget dech.... Mana suasana nya mendung-mendung gt, kabut dimana-mana, berasa deket ma heaven (berlebihan.com :P) Bagi yang mau menaklukkan Gunung Galunggung ini, disarankan untuk makan dulu sebelum mendaki, jangan dengan perut kosong, ntar keleyengan malah jackpot kayak saya atau pingsan lebih parahnya lagi...

Toilet disediakan didekat lahan parkiran, jadi mending ke toilet dulu sebelum mendaki. Ga ada tissue atau apapun juga, orang yang ngejagain toilet aja kagak ada. Cuma ada kotak aja, maksudnya minta diisi sesuka relanya ^^, dan seiiklasnya. Airnya booook dingin beneeeer... air gunung.....

Selesai pendakian, kaki super pegel, mau ngerasain namanya permandian air panas. Meluncur lah kita ke Permandian Air Panas nya. Saya milih permandian yang private, 3 cewe ngumpul di kamar mandi, berisiiiknya minta ampuuunnn LOL ^O^ Cuma bs berendem paling lama 15menit, tarifnya cuma 5000/orang, murah meriah. Private tuh maksudnya masuk ke kamar gitu, kamar berendem, kecil, seukuran kamar mandi, empet-empet-an laah.... Airnya hangaat-hangaaat ke panas dech... Air nya disalurkan langsung melalui pipa. Kalau mau berendem disarankan sich bawa baju ganti.

Overall, lumayan laaah dengan pendakian dan permandian nya. Cuma saya rasa perlu perhatian dan bantuan dari pemerintah kota Tasikmalaya agar bisa dikembangkan jadi objek wisata premier. Jalanannya, Kawasan Gunung Galunggungnya, Toilet Umum di Parkiran Kawah nya, Permandian Air Panasnya, semuanya laaah.... Perlu perbaikan...

Mudah2an next time ada kesempatan ke Tasikmalaya lagi, bisa berkunjung dan melihat perubahan ke arah yang lebih baik lagi ^^, Oklaah... sekian reportnya nich...

See ya... on the next post...

Love ya, Regina

1. nice trip..

izin share

7 tempat wisata alam terbaik Indonesia

2. This comment has been removed by the author.

3. Pemandangan Pegunungan di Tanah Pasundan memang indah. Sedikit terasa aneh kalau ada orang2 yang tidak suka berwisata ke daerah ini kecuali memang kondisi badan para turis yang kurang sehat, misalnya ada gangguan jantung, tekanan darah terlalu tinggi atau rendah, diabetes tipe 1 dan 2, dsb. Gunung Galunggung memang mempunyai bentuk yang khas, seperti Gunung yang di belah 1/3 nya sehingga kita bisa lihat bentuk Kawah Gunung ini di kejauhan.